Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung
itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya
yang biasanya disimpan menurut tat susunan tertentu untuk digunakan
pembaca, bukan untuk dijual. Secara etimologis istilah perpustakaan
berasal dari kata dasar pustaka yang berarti buku, kitab.
Dalam bahasa asing dikenal dengan istilah library (Inggris), liber atau libri (Latin), bebliotheek (Belanda), bebliothek (Jerman), bibilotheque (Perancis), biblioteca (Spanyol) dan biblia (Yunani).
Perpustakaan mengandung arti (a) tempat, gedung yang disediakan untuk
pemeliharaan dan penggunaan dan sebagainya, (b) koleksi buku, majalah
dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari dan
dibicarakan. Dari kata dasar itu kemudian menimbulkan istilah turunan
lain seperti: bahan pustaka, pustakawan, kepustakaan, dan ilmu
pengetahuan.
Ada beberapa pengertian perpustakaan menurut pakar, diantaranya sebagai berikut:
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari satu badan atau lembaga
tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku
maupun bukan berupa buku (non book material) yang diatur secara
sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai
sumber informasi oleh setiap pemakainya.
Darmono memberikan pengertian perpustakaan sebagai salah satu unit kerja
yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan
mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh
pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang
menyenangkan.
Menurut P. Sumardji, perpustakaan adalah koleksi yang terdiri dari
bahan-bahan tertulis, tercetak maupun grafis lainnya seperti film,
slide, piringan hitam, tape, dalam ruangan atau gedung yang diatur dan
diorganisasikan dengan sistem tertentu agar dapat digunakan untuk
keperluan studi, penelitian, pembacaan dan lain sebagainya.
Menurut C. Larasati M ilburga, dkk., perpustakaan adalah suatu unit
kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur
secara sistematis dengan cara tertentu untuk dipergunakan secara berkesi
nambungan oleh pemakai nya sebagai sumber informasi.
Pengertian perpustakaan sekolah merupakan turunan dari pengertian
perpustakaan secara umum. Menurut Carter V. Good sebagaimana yang
dikutip oleh Ibrahim Bafadal, perpustakaan sekolah sebagai koleksi yang
diorganisasikan di dalam suatu ruang agar dapat digunakan oleh
murid-murid dan guru-guru, yang dalam penyelenggaraannya diperlukan
seorang pustakawan yang bisa diambil dari salah seorang guru.
Ibrahim Bafadal berpendapat bahwa perpustakaan sekolah adalah kumpulan
bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan buku (non book
material) yang diorganisasikan secara sistematis dalam suatu ruang
sehingga dapat membantu murid-murid dan guru-guru dalam proses belajar
mengajar di sekolah.
Menurut C. Larasati M ilburga, dkk, perpustakaan sekolah ialah suatu
unit keja dari sebuah lembaga persekolahan yang berupa tempat menyimpan
koleksi bahan pustaka penunjang proses pendidikan yang diatur secara
sistematis, untuk dipergunakan secara berkesinambungan sebagai sumber
informasi untuk memperkembangkan dan memperdalam pengetahuan, baik oleh
pendidik maupun yang dididik di sekolah tersebut.
Meskipun terlihat sedikit perbedaan, pendapat para ahli mengenai
perpustakaan mengarah pada satu pengertian, bahwa koleksi yang ada di
perpustakaan bukan hanya buku, akan tetapi juga koleksi non buku (non
book material). Hal inilah yang membedakan pendapat Ibrahim Bafadal
dengan pendapat-pendapat yang lain yang hanya menyebutkan bahan pustaka
sebagai koleksi yang ada di perpustakaan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anatasia, Total Quality Management, (Jakarta: Andi Offset, 1995). Qalyubi Syihabuddin dkk., Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, (U IN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2007). Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1994). Sudjatmo, Pengantar Perpustakaan, (Semarang: Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah, 2002). Fatah Syukur NC, Teknologi Pendidikan, (Semarang: RaSAIL, 2004). Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001). Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2001). P. Sumardji, Perpustakaan Organisasi dan Tatakerjanya, (Yogyakarta: Kanisi us, 1991). C. Larasati Milburga, et.all., Membina Perpustakaan Sekolah, (Yogyakarta: Kanisius, 1986).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar