Welcome to my Blog

Rabu, 17 Desember 2014

Sistem Temu Balik Informasi Di FACEBOOK


MAKALAH
Sistem Temu Balik Pada Facebook
Di ajukan untuk memenuhi mata kuliah :
Sistem Temu Kembali
Dosen pembimbing
Vita Amelia, S.T.,S.Hum.,M.Ip

Disusun :
Wahyu Silwani
Sundari Safmawati
Nursinta Ersah
Ridho Karuniawan
Kurnia Ramadhan
Hengki Foldana
Muhayar
JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU
TAHUN 2014





KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur kami  panjatkan atas kehadirat Allah SWT dengan segala rahmat, berkah, dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Sistem temu balik disosial media ( facebook ).
Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sumbernya berupa artikel dan tulisan yang telah kami jadikan referensi guna penyusunan makalah ini, semoga dapat terus berkarya guna menghasilkan tulisan-tulisan yang mengacu terwujudnya generasi masa depan yang lebih baik. kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, banyak kekurangan dan kesalahan. kami menerima kritik dan saran yang membantu guna penyempurnaan makalah ini.

                                                                                                                                    Pekanbaru,
                                                                                                                                      Penulis          







BAB I
Pendahuluan
I.1 Latar Belakang
Selain menggunakan telepon seluler atau Hp, saat ini banyak bermunculan situs jejaring social. Apalagi sekarang teknologi informasi makin berkembang pesat dan sudah sangat menjamur di seluruh kalangan masyarakat. Salah satu situs jejaring sosial yang paling populer adalah Facebook. Menurut alexa.com Facebook adalah jejaring sosial yang menjadi rangking pertama diakses oleh masyarakat Indonesia. Begitu mudah mendapatkan teman di sini, karena teknologi yang ada di dalamnya sangat canggih dan juga ketersediaan berbagai macam bahasa terdapat di Facebook.
Facebook yang lebih dikenal dengan FB mampu menghipnotis ribuan masyarakat, seperti anak kecil, remaja hingga dewasapun sudah menggunakan facebook. Facebook mampu menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Tak segan-segan para ibu-ibu (orang tua) pun ikut terhipnotis dalam pengaploadtan dunia maya tersebut. Padahal banyak dampak positif dan negative yang dapat kita temukan dalam melakukan atau berhubungan di dunia maya dengan jejaring internet yang di kenal dengan facebook (FB) tersebut.
Tidak heran jika semakin hari semakin bertambah pengguna Facebook. Hampir setiap orang mempunyai Facebook. Penggunaan Facebook dalam kehidupan sehari-hari mempunyai pengaruh bagi penggunanya, apabila kita tidak cerdas dalam menyikapi situs jejaring sosial ini, bisa-bisa kita kecanduan Facebook, dan layaknya candu, apapun akan kita lakukan agar dapat menggunakan Facebook.
Sejak awal tahun 2007, Indonesia mengalami peningkatan pengguna facebook. Hingga saat ini Indonesia menjadi salah satu negara terbesar penggunaan facebook. Penggunaan facebook dapat memberi dampak negatif dan positif. Tergantung bagaimana cara kita menggunakan jejaring ini.

I.2 Tujuan Penuisan
Didalam makalah ini tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui seperti apa perkembangan jejaring sosial ini terutama facebook. Seperti apa penyelesaian dalam masalah di bidang teknologi seperti halnya yang bersifat mendidik apalagi untuk masyarakat khususnya remaja jaman sekarang yang butuh bimbingan langsung dari orang-orang terdekat misalnya orang tua dan orang tua haru mengetahui mana yang terbaik untuk anaknya dalam bidang pergaulan.
Apalagi sekarang sudah ada jejaring sosial yang namanya facebook. Dimana di dunia maya banyak terdapat bahaya yang sangat cepat merabah meski itu orangtua harus lebih mengerti anaknya.
Tujuan Khusus dari makalah ini yaitu agar mengetahui pengertian Facebook. Sejarah Singkat Facebook. Fitur yang ada didalam facebook. Mengetahu Dampak Positif dan negativ Facebook. Dan untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi dampak negative facebook.

I.3 Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari facebook?
2.      Bagaimana sejarah perkembangan facebook?
3.      Apa saja fitur yang ada didalam facebook?
4.      Apa dampak positif dan negatif facebook?



BAB II
ISI
2.1 Sejarah Facebook
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not.

2004
Pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat timthefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada.
Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California.Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker.Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.

2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com. Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.

2006
Februari: Viacom menawarkan untuk membeli Facebook senilai 1,5 miliar dolar AS, tetapi ditolak. Yahoo! juga membuat tawaran yang tidak berhasil satu miliar dolar AS. September: Facebook menambahkan ‘News Feed’ dan terbuka untuk siapapun selama berusia 13 tahun.

2007
·         September: Facebook meluncurkan dana 10 juta dolar AS, menyediakan uang untuk perusahaan atau individu yang ingin membangun aplikasi.
·         Oktober: Microsoft mengambil saham senilai 240 juta dolar AS di Facebook pada sebuah kesepakatan yang menilai jejaringan sosial pada 15 miliar dolar AS. Facebook memiliki 50 juta anggota.
·         Desember: Zuckerberg meminta maaf atas ”kesalahan’ dalam peluncuran platform iklan baru yang disebut Beacon yang melacak pembelian yang dibuat oleh anggota Facebook dan membiarkan teman-teman mereka tahu apa yang telah mereka beli.

2008
·         Februari: Sebuah penyelesaian 65 juta dolar AS dicapai dengan kembar Tyler dan Cameron Winklevoss atas tuduhan bahwa Zuckerberg mencuri ide mereka untuk Facebook semasa di Harvard. Facebook meluncurkan sebuah situs Spanyol.
·         Maret: Sheryl Sandberg, seorang eksekutif utama Google, dipekerjakan sebagai chief operating officer Facebook. Situs Facebook Prancis dan Jerman diluncurkan.
·         April: Facebook menurunkan tahta MySpace menjadi situs jejaring sosial yang paling populer di dunia.
·         Agustus: keanggotaan Facebook capai 100 juta.
·         September: Zuckerberg dinobatkan sebagai salah satu dari 400 orang Amerika terkaya oleh Majalah Forbes dengan kekayaan diperkirakan sebesar 1,5 miliar dolar AS.
·         Oktober: Facebook membuka kantor pusat internasionalnya di Dublin, Irlandia.

2009
·         Maret: Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertama untuk situs.
·         April: Keanggotaan Facebook mencapai 200 juta.
·         Mei: perusahaan internet Rusia Digital Sky Technologies menginvestasikan 200 juta dolar AS di Facebook dalam kesepakatan bahwa nilai perusahaan pada 10 miliar dolar AS.
·         September: Keanggotaan mencapai 300 juta. Zuckerberg mengatakan jejaringan sosialnya telah menjadi “arus kas positif,” yang berarti penghasilannya telah mencukupi untuk menutupi biaya operasional.
·         Desember: The Electronic Privacy Information Center, Center for Digital Democracy dan lain-lain meminta Komisi Perdagangan Federal AS untuk melihat kebijakan privasi dalam Facebook, mengklaim telah tertipu pengguna atas perlindungan data pribadi mereka ketika pihaknya mengubah pengaturan privasi.

2010
·         Februari: keanggotaan Facebook mencapai 400 juta.
·         Mei: Pakistan menutup akses ke Facebook setelah sebuah perlombaan mendorong pengguna untuk mengirim karikatur Nabi Muhammad di situs.
·         Juli: Keanggotaan mencapai 500 juta. Lady Gaga menjadi orang pertama dengan 10 juta penggemar di Facebook, melampaui batas beberapa hari ke depan Presiden AS Barack Obama.
·         Agustus: Facebook meluncurkan Facebook Places, yang memungkinkan anggota menggunakan perangkat ponsel untuk berbagi keberadaan mereka.
·         Oktober: ‘The Social Network,’ film yang sutradarai David Fincher tentang asal dari Facebook, sukses di bioskop-bioskop. Film yang ditulis oleh Aaron Sorkin dan dibintangi Jesse Eisenberg dan bintang pop Justin Timberlake ini mencapai box office. Dinominasikan untuk delapan Oscar, dan meraih tiga: untuk ‘the best adapted screenplay, original score dan film editing’.
·         November: Alamat email Facebook.com diluncurkan.
·       Desember: majalah Time memberi Zuckerberg gelar ‘Person of the Year’ untuk “mengubah cara kita menjalani hidup kita setiap hari.”

2011
·         Januari: Sebuah penawaran saham privat menghasilkan 1,5 miliar dolar AS dari investor dan nilai Facebook pada 50 miliar dolar AS.
·         Februari: Facebook mengumumkan rencana untuk pindah dari Palo Alto ke sebuah kampus luas yang pernah menjadi basis untuk Sun Microsystems di dekat Menlo Park.
·         April: Facebook mulai menawarkan sebuah program serupa transaksi harian untuk tawar-menawar online yang dipopulerkan oleh Groupon tetapi menutup program tersebut pada Agustus. Obama mengunjungi markas Facebook di Palo Alto, menerima pertanyaan dari Zuckerberg, karyawan dan seorang audience online.
·         September: Halaman timeline diperkenalkan yang memungkinkan pengguna Facebook merubah profil mereka ke dalam buku memo digital interaktif yang menceritakan kisah kehidupan mereka.
·         November: Facebook setuju untuk memperketat kebijakan privasi dan menyerahkan kepada audit eksternal dalam penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal AS.

2012
Januari: Facebook mengajukan untuk penawaran umum saham perdana (IPO) yang ingin menghimpun sedikitnya lima miliar dolar AS.


2.2 Fitur – Fitur dalam Facebook
Facebook memiliki berbagai fitur-fitur yang ditujukan untuk pengguna dengan maksud agar pengguna tidak merasa bosan pada saat menggunakan Facebook.Para pengguna Facebook dapat dimanjakan dengan adanya fitur-fitur ini. Beragam fitur yang ada dalam Facebook antara lain:

facebook feature
1.      Update Status/ Status terkini
untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada dalam perasaan Anda; mengungkapkan keinginan Anda. Anda juga biasa menandai teman, menambahkan lokasi anda, menagtur tanggal dan waktu kiriman dan menambahkan apa yang anda lakukan dan apa yang anda rasakan.
1.      Message/ Pesan
untuk mengirim pesan ke pengguna Facebook lainnya.
2.      Chat/ Obrolan
untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time.
1.      Photos/ Foto
Anda dapat meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto
2.      Videos/ Video
Anda dapat meng-upload video Anda.
3.      Friends/ Teman
Anda dapat menambah teman Anda.
4.      Applications/ Aplikasi
banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
5.      Games/ Permainan
banyak jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook.
6.      Notes/ Catatan
Anda dapat menulis catatan untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook lainnya.
7.      Wall/Dinding
Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.
8.      Poke/ Colek
Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual
9.      Gifts/ Hadiah
Fitur untuk saling berkirim hadiah
10.  Kabar Berita
Anda dapat melihat berita terpopuler dan terbaru
11.  Group
12.  Acara
Untuk menegtahui apakah ada undagan dari teman difacebook
13.  Halaman
Untuk melihat halaman apa saja yang anda ikuti akan mjncul disini, isi nya untuk membuat halaman dan di sarankan.
14.  Kotak pencarian
Kita bias menemukan orang, tempat dan hal lainnya.
1.      Iklan
2.      Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
1.      Emoticon Pada Fasilitas Chat Facebook
Anda bisa mengirim stiker, emoticon dan membeli stiker.
1.      pilihan "Menonaktifkan Obrolan Pada Salah satu teman saja
2.      Pintasan Privasi
1.      Log Aktifitas
Anada bisa melihat aktifitas anda saat menngunakan fb, misalnya anda me-like status dari teman anda, tinjauan tanda.
1.      Lencana Untuk berbagi dimana saja Web
  .   Anda juga bisa memasukkan emoticon dan foto kedalam komentar
1.      Siapa yang dapat melihat kiriman anda

Tentunya anda saat ini sudah mempunyai akun di facebook.Apabila belum segeralah mendaftar.Karena banyak fitur aplikasi yang ada di FB.Beberapa fitur aplikasi yang ada di facebook ini ada yang disubnit oleh facebook sendiri ada pula yang disubmit oleh pihak ketiga. Dengan adanya fitur aplikasi yang ada di FB maka facebook akan lebih menyenangkan dan mempermudah untuk mengelola facebook Anda. Dibawah ini adalah beberapa fitur aplikasi yang ada di fb, diantaranya adalah:
1.      ScrapBoy- sebuah aplikasi desktop untuk aplikasi facebook, dimana dapat digunakan untuk melakukan hampir segala sesuatu yang berkaitan dengan facebook. Seperti  menulis posting dinding, melihat foto atau Facebook chatting, melihat ‘dinding’ beberapa teman-teman, album foto dan jendela obrolan pada saat yang sama dan yang lainnya.
2.      Facebook Mobile  merupakan aplikasi yang ada di facebook dan biasanya digunakan oleh banyak pengguna. Karena anda dapat meng-upload foto dan catatan dari kamera telepon langsung ke Facebook.
3.      Friends Organizer – aplikasi digunakan untuk mengurutkan daftar kontak Anda ke dalam grup, seperti schoolfriends, teman-teman kerja, teman-teman media sosial dll.
4.      Birthday Calender, Anda dapat mengorganisir hari ulangtahun semua teman-teman, keluarga maupun orang terdekat.
5.      Facebook Toolbar – aplikasi yang memiliki kotak pencarian, pemberitahuan, dan berupa sebuah ikon yang dapat digunakan untuk memeriksa gambar teman-teman Anda dan statusnya.
6.      Simple Photo Uploader – Merupakan aplikasi desktop untuk facebook , dimana anda dapat meng-upload foto dengan mudah. Selain itu Simple Photo Uploader juga dapat memberikan kemampuan untuk menandai foto.
7.      FacePad – merupakan aplikasi add-ons firefox , dimana Anda dapat men-download teman facebook dan acara album.
8.      FotoFlexer, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit gambar yang mudah dikelola dan anda tidak perlu membayar untuk aplikasi ini. Selain itu foto-foto yang sudah anda upload di Facebook dapat kita edit dengan aplikasi ini,
9.      Advanced Wall – dapat digunakan untuk memposting foto, gambar, graffiti, video, flash. Selain itu dapat juga mengubah ukuran teks dan warna dengan menggunakan editor WYSIWYG.
10.  Graffiti – sesuai dengan namanya maka anda dapat menggambar pada dinding teman-teman Anda.
  1. Task Master – Anda mengelola tugas-tugas Anda di facebook secara lebih efisien.
  2. Last.Fm Music – sebuah aplikasi musik  dimana  Anda dapat membandingkan musik Anda dengan teman-teman, mendengarkan lagu mereka, dan menempatkan kotak dari artis serta album foto di profil Anda.
  3. Aplikasi launcher untuk update status via apa pun, berbagai macam aplikasi yang ada di facebook bisa untuk update status. Banyak fasilitas yang didapat dari aplikasi launcher, diantaranya adalah: Update status dari list yang ada, menambah list aplikasi update status, menghapus list aplikasi dari list, mengedit aplikasi dari list.
2.4 Kelebihan Dan Kekurangan Facebook
            Facebook ini ibarat seperti sebuah pisau, bisa mengandung manfaat bila digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat tetapi juga bisa membawa bahaya bila digunakan untuk tindak kejahatan.Demikian halnya dengan Facebook yang merupakan jejaring sosial bisa digunakan sebagai wadah silaturrahmi di dunia maya, berdakwah, menimba ilmu, dan sebagainya.Namun, sebaliknya Facebook juga bisa digunakan sebagai ajang maksiat. Berikut ini penjelasannya lebih terperinci:

a.       Manfaat/ Kelebihan Facebook
Di antara manfaat Facebook adalah sebagai berikut:
1.       Sebagai Sarana Dakwah
Facebook bisa digunakan sebagai sarana dakwah yang bagus di tengah keringnya ilmu dan informasi tentang Islam  yang benar, sehingga betapa banyak orang mendapatkan hidayah disebabkan membaca artikel di Facebook atau diskusi di Facebook.
2.      Wadah Silaturrahmi
Facebook bisa digunakan sebagai wadah untuk menyambung silaturrahmi antara sesama teman, orang tua, kerabat, murid, atau guru dan ajang untuk mencari kawan lebih banyak lagi yang itu hukum asalnya adalah boleh-boleh saja.
3.       Menyimpan File/Tulisan
Tulisan yang disimpan di komputer bukan tidak mungkin akan hilang saat komputer terkena virus. Akan tetapi, jika disimpan di Facebook, maka file tersebut tetap akan selamat, selama account masih aktif.
b.      Keburukan / Kekurangan Facebook
Di antara keburukan Facebook adalah sebagai berikut:
1.      Kecanduan
Banyak dari pengguna Facebook merasa asyik berbalas atau chatting, sehingga mereka menjadi lupa pada waktu, tugas kewajibannya, bahkan ada yang sampai dibuat lalai dari aturan agama gara-gara kecanduan Facebook.
2.      Wadah Maksiat
Banyak dari para pengguna Facebook tidak mengindahkan aturan agama sehingga menjadikan Facebook sebagai wadah maksiat, berupa ghibah, fitnah, gosip, pacaran, dan sebagainya.
3.       Gambar Foto
Di antara wabah Facebook yang sangat perlu diperhatikan adalah budaya menampilkan foto-foto pribadi yang jelas akan dilihat banyak orang, bahkan terkadang yang ditampilkan adalah foto-foto seronok yang mengumbar nafsu. Oleh karenanya, bagi para pengguna Facebook hendaknya mengganti foto-foto tersebut dengan foto-foto lain yang tidak bermasalah seperti pemandangan alam dan sejenisnya.
2.4 Keamanan
Keamanan di Facebook sudah menjadi bahan diskusi yang sangat lama. Sebagai bukti betapa lemahnya keamanan situs ini adalah saat halaman fans CEO Facebook sendiri, Mark Zuckerberg, dibobol hacker beberapa waktu lalu. Selain itu, juga kasus URL pendek, URL video yang meminta pengguna mengklik untuk melihat video porno Lindsay Loohan, dan masih banyak lagi.Hal ini menandakan bahwa walaupun telah berusaha membuat situs ini aman, penjahat cyber ternyata lebih pintar dan tetap bisa melakukan kejahatannya.
Tidak itu saja, AVG menunjukkan 42 persen malware yang terdeteksi di Facebook berasal dari aplikasi pihak ketiga. Menurut AVG, pengguna Facebook sering tergoda untuk mengikuti beberapa survei (padahal ini jebakan) yang bila diikuti dijanjikan kesempatan untuk menonton video tertentu yang kebanyakan adalah video porno. Ada juga halaman survei di Facebook yang berisi click jacking yang tidak diketahui di mana tombol “Like”-nya sehingga bila pengguna mengklik mouse tanpa sengaja di halaman tersebut, wall-nya akan dipenuhi oleh pesan-pesan atau update status otomatis yang sering vulgar sehingga membuat malu pengguna atau bisa menyebarkan kepada temannya yang juga mengklik halaman survei tersebut.

2.5 Pemanfaatan dan pengembangan masa depan
Facebook kini begitu terkenal, dan banyak orang yang memlikinya, Facebook bisa dijadikan sebagai media pemanfaatan dan juga Perkembangan dimasa depan,Dalam pemanfaat, sebagai seorang muslim yang sejati, hendaknya kita menempatkan alat ini untuk mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai lahan pahala bagi kita berupa dakwah, silaturrahmi dan sebagainya, bukan malah menjadikannya sebagai alat ghibah(gunjingan), fitnah, provokasi, gosip, nafsu berahi, dan sebagainya.
Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Facebook sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi dapat dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog.Facebook memang memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.

2.6 Sistem pencarian di Facebook/ Temu kembali informasi
1.      Pencarian Dengan Kata Kunci
Pengunjung bisa melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci, seperti contoh berikut: “Bengkel di klaten utara” atau “Dealer motor Honda di Klaten”, maka situs kami akan mencari data sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan, semakin umum kata kuncinya, maka semakin banyak hasil pencarian yang akan ditampilkan.
2.      Pencarian Dengan Nama Bisnis
Pengunjung bisa melakukan pencarian dengan menggunakan nama bisnis untuk mendapatkan informasi lebih dari bisnis tersebut, seperti alamat, lokasi, no telp dan lain sebagainya.
3.      Pencarian Berdasarkan Lokasi
Pengunjung bisa melakukan pencarian dengan memilih nama daerah tempat bisnis berada, pencarian ini mungkin akan menghasilkan data lebih banyak dari yang diharapkan karena mencakup keseluruhan bisnis dalam daerah tersebut.
4.      Pencarian Berdasarkan Kategori
Pengunjung juga bisa melakukan pencarian dengan memilih kategori atau pun sub-kategori dari suatu bisnis
Setelah membuat publik berspekulasi akhirnya Facebook mengungkap produk terbarunya di acara mereka sendiri.Facebook memperkenalkan sebuah sistem pencarian bernama GraphSearch.Cara kerja fitur baru ini mirip dengan mesin pencari Google dan Bing.
Graph Search adalah cara baru untuk menelusuri dan mencari sesuatu atau konten di Facebook yang didasarkan pada empat hal: pengguna (people), foto, lokasi (place) dan minat (interest). Fitur ini juga bisa dieksplorasi berdasarkan koneksi yang ada atau teman yang terhubung.Istimewanya, pengeksplorasian tersebut dapat saling silang sesuai dengan empat pilar yang disebutkan sebelumnya.
Fitur pencarian ini dibuat oleh Facebook untuk mempermudah akses tanya jawab pengguna ke Facebook secara langsung, seperti saat bertanya pada Google. Sehingga pengguna bisa menemukan teman secara spesifik misalnya "teman dari kota saya yang hobi bersepeda". Facebook sendiri menjamin tidak akan memberikan informasi yang tidak diijinkan pengguna untuk disebar.
Namun untuk saat ini Graph Search hanya dapat digunakan di versi dekstop, sedangkan tablet dan smartphone tidak bisa mengaksesnya.Mark Zuckerberg menjanjikan bakal menggulirkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.Selain itu fitur ini juga masih sebatas beta.Sehingga hanya pengguna terpilih saja yang bisa menjajal kecanggihan fitur Graph Search.
Graph Search memiliki potensi untuk menggali dari miliaran data yang tersedia di Facebook. Saat ini saja, Facebook punya 1 miliar profil pengguna, 24 miliar foto, dan 1 triliun koneksi. Layanan ini akan menyediakan indeks dari semua konten, dan dicari dari main search bar yang selama ini sudah dikenal pengguna, yaitu di kiri atas layar. Tapi apakah Facebook menjamin privasi penggunanya dengan kehadiran layanan pencarian ini?
Mark Zuckerberg mengatakan layanan ini hanya akan menghadirkan hasil pencarian yang sudah di-share oleh pengguna. Dengan demikian, post yang bersifat private tak akan muncul. “Kami sangat serius menangani ini,” ucap Zuck.
Berikut adalah beberapa gambar yang biasa kita gunakan dalam proses pencarian, baik itu orang, nama tempat, acara, group, instansi, halaman dsbg.

BAB III
Penutup
III.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari tugas diatas yaitu Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang banyak diminati dari segala kalangan. Bukan hanya karena tampilan yang menarik, penggunaannya mudah tetapi juga aplikasi yang ada didalamnya lebih lengkap. Tidak heran jika hampir setiap orang khususnya kalangan remaja memiliki akun Facebook. Sebaiknya hindarilah yang namanya kecanduan facebook yang secara berlebihan karna bisa merusak mental apalagi yang masih menginjak masa sekolah di karenakan situs ini di lakukan secara berlebihan untuk si pemakai akan berdampak buruk dan lupa diri, lupa pada ia kerjakan dan memberi dampak yang sangat besar. Maka dari itu usahakan mempergunakan facebook secara positif dan bermanfaat.








DAFTAR PUSTAKA






















Tidak ada komentar: